FORMULASI DAN EVALUASI SOLID PARFUMEDENGAN BASIS KARAGENANAN MENGGUNAKAN ESSENSIAL OIL CITRUS (Citrus sinensis), JASMINE (Jasminum sambac) DAN VANILA (Vanila planifolia)

Authors

  • Iin Hardiyati Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • In Rahmi Fatria Fajar Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Nia Novitasari Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal

DOI:

https://doi.org/10.62702/ion.v1i1.22

Abstract

Abstrak

Parfum merupakan produk yang tidak asing lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai suatu kebutuhan untuk tampil percaya diri. Parfum merupakan campuran senyawa aromatik, minyak essensial, fixatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan keharuman dan dapat dikembangkan sebagi produk aplikasi minyak atsiri dalam bentuk solid parfum. Solid parfume adalah parfum padat yang umumnya terbuat dari campuran fume oil dan wax. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimental yang terdiri dari 6 tahapan diantaranya preformulasi, pemilihan bahan, pembuatan, hasil, evaluasi dan produk jadi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat formulasi solid parfume dengan basis karagenanan dengan menggunakan essesial oil citrus, Jasmine dan vanila. Evaluasi yang dilakukan pada sediaan solid parfume dengan menggunakan beberapa metode diantaranya dengan uji hedonik, uji sensori, uji scoring, uji gravimetri dan uji stabilitas. Dan dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan konsentrasi terbaik dari karagenanan sebagai basis adalah karagenanan 2,5% dan nilam 2% sebagai fixatif. Dari hasil tes uji hedonik essensial oil yang paling banyak disukai dari ketiga formula adalah formula dengan essensial oil citrus. Sedangkan solid parfume dengan vanila memiliki ketahanan wangi yang lebih awet dibandingkan dengan citrus dan jasmine. Dari hasil evaluasi stabilitas ketiga formula didapatkan hasil sediaan solid parfume yang stabil.

 

Abstract

Green perfume is a familiar product used in everyday life as a need to appear confident. Perfume is amixture of aromatic compounds, essential oils, fixatives, and solvents used to provide fragrance. Solidparfume is a solid perfume that is generally made of a mixture of fume oil and wax. The method usedin this study is an experimental method consisting of 6 stages including material selection,preformulation, manufacture, yield, evaluation and finished products. This research aims to makesolid perfume formulation with karagenanan base by using essesial oil citrus, Jasmine and vanilla. Theevaluation was performed on solid solid parfume by using several methods such as hedonic test,sensory test. scoring test, garvimetry test and stability test. And from research conducted can beconcluded the best concentration of carrageenan as base is carrageenan 2,5% and patchouli 2% as fixative. From the test results of the most preferred hedonic essential oil test of the three formulas is a formula with citrus oil essensial. While solid perfume with vanilla has a more durable fragrant resistance compared with citrus and jasmine. From the result of stability evaluation of the three formulas we get solid stable parfume dosage result.

Published

2020-08-05