Perbandingan Kualitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Pada Prodi Teknik Sipil Dan Farmasi Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal

Authors

  • andri arthono ISTA

DOI:

https://doi.org/10.62702/ion.v5i1.98

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Mahasiswa, Perkuliahan Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kendala selama perkuliahan, kualitas pengajaran dosen terhadap minat mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di bidang teknik sipil, dan departemen farmasi di Institut Sains dan Teknologi Al Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain cross-sectional. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik judgement sampling atau sampling intensional maka diperoleh besar sampel yaitu 118 responden mahasiswa jurusan teknik sipil dan farmasi yang masih aktif pada semester genap tahun 2020-2. Pengolahan data dilakukan dengan menyajikan seluruh jawaban kuesioner dan membagi responden menjadi dua kelompok. Permasalahan yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa teknik sipil adalah sinyal internet (66%), jadwal kerja (19%), dan waktu perkuliahan (9%). Berdasarkan hasil survei diketahui bahwa dosen kedua departemen memiliki kualitas mengajar yang baik, dapat memberikan contoh, dapat berinteraksi dengan baik, dan dapat memberikan perkuliahan online seperti perkuliahan tatap muka. Sebanyak 57% mahasiswa teknik sipil dan 68% mahasiswa farmasi tertarik belajar online.

 

Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Mahasiswa, Perkuliahan Daring

Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Mahasiswa, Perkuliahan Daring

Published

2024-02-05