Guide for Author


Download File


GUIDE FOR AUTHOR

Logo ISTA Logo ION


ABOUT THE JOURNAL

Jurnal IONTECH merupakan jurnal baru yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah pada bidang sains dan teknologi secara khusus dari berbagai akademisi terbaik di Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi nasional sebagai salah satu syarat pengembangan ilmu pengetahuan di bidang sains dan teknologi, sehingga dapat di aplikasikan kepada masyarakat luas. IONTECH terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober.


FOCUS AND SCOPE

IONTECH memiliki komitmen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang sains dan teknologi. Adapun cakupan ilmu pada jurnal ini adalah bidang farmasi, teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, teknik industri, teknik informatika, sistem informasi dan desain komunikasi visual.


TYPES OF PAPER

Naskah Original merupakan naskah yang berisi tentang hasil-hasil penelitian terbaru dengan bidang ilmu yang disesuaikan dengan ruang lingkup IONTECH. Naskah ini harus terbebas dari plagiarisme sebagai tanggung jawab penulis.
Naskah Review merupakan naskah yang ditulis berdasarkan survey, evaluasi, interpretasi pendapat dan kritik dari riset dan data berdasarkan kajian yang mendalam dari suatu masalah pada ruang lingkup IONTECH. Naskah ini harus terbebas dari plagiarisme.


MANUSCRIPT CONTENT

Judul. Judul naskah dibuat ringkas, lugas, spesifik dan informatif sesuai tema manuskrip. Panjang judul berbahasa Indonesia maksimum 20 kata dan judul berbahasa Inggris menyesuaikan hasil translasi.
Nama dan Afiliasi Penulis. Nama penulis ditulis secara lengkap tanpa gelar, sedangkan untuk afiliasi penulis disebutkan nama institusi, alamat, kota dan kode pos, serta negara.
Abstrak. Abstrak berisi tentang pendahuluan singkat, tujuan penelitian, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan secara ringkas dan jelas dalam bentuk satu paragraf berisi 100-250 kata. Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Pendahuluan. Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan (posisi di akhir paragraf ); ditulis dengan efisien dan didukung dengan sumber pustaka lain dan terbaru.
Metode. Metode berisi tentang prosedur penelitian yang meliputi bahan dan alat, rancangan percobaan, metode penelitian, cara analisis, dan analisis data, disajikan dalam bentuk subbab dan bukan gambar diagram.
Hasil dan Pembahasan. Pada bagian ini dijelaskan tentang hasil disertai pembahasan (disajikan dalam bentuk subbab yang terstruktur tanpa ada penomoran) yang disusun secara terpadu dan koheren yang didukung oleh sumber pustaka lain dan tebaru.
Kesimpulan. Bagian ini merupakan jawaban dari tujuan penelitian dan bukan rangkuman data hasil.
Ucapan Terimakasih. Bagian ini (jika ada) digunakan untuk menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penelitian dan penulisan naskah, terkait dukungan moril maupun materiil.
Daftar Pustaka. Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi manajemen referensi (seperti Mendeley, Endnote, Zootero, dll) dengan sistem American Psychological Association (APA). Daftar pustaka diwajibkan menggunakan minimum 10 pustaka dengan komposisi 80% pustaka primer (jurnal maupun paten).


STYLE AND FORMATTING

Halaman. Jumlah keseluruhan halaman pada naskah yang dikirimkan ke jurnal IONTECH maksimum 20 lembar Font dan Format dalam artikel Font dan format arikel naskah yang ditulis disesuaikan dengan template yang ada pada laman web jurnal IONTECH.


PEER-REVIEW PROCESS

Semua artikel yang dikirimkan ke IONTECH akan direview secara tertutup (double-blind review) oleh para mitra bebestari (reviewer). Pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang mitra bebestari. Tanggapan dari para mitra bebestari akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected). Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiarisasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (Turnitin).


ETHIC PUBLICATION

Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di jurnal ini, yaitu penulis, ketua penyunting, editor/penyunting, mitra bebestari dan penerbit.
Tugas Penerbit
LPPM Institut Sains dan Teknologi sebagai penerbit jurnal IONTECH bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editor. Selain itu, akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan/atau penerbit lain apabila diperlukan.
Tugas Editor/Penyunting
Editor/Penyunting, bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil review yang dilakukan mitra bebestari. Para editor dapat berunding dengan mitra bebestari dalam membuat keputusan ini. Prinsip Keadilan. Editor/Penyunting mengevaluasi naskah/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis. Kerahasiaan. Editor tidak harus mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari. Konflik kepentingan. Bahan yang tidak dipublikasikan namun diungkapkan dalam naskah tidak boleh digunakan dalam penelitian Editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
Tugas Mitra Bebestari
Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bestari menyangkut review secara konten terhadap sebuah naskah. Setiap naskah yang diterima untuk di review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor. Review harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.
Tugas Penulis
Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan laporan penelitian asli yang akurat. Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah. Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme. Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan pada jurnal IONTECH belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain. Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping. Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai kode etik. Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.


ARTICLE CHARGES

Jika naskah ini diterbitkan, Penulis akan dikenakan penerbitan artikel sebanyak 500.000 (IDR).


AUTHORSHIP AND PLAGIARISM

Penulis pertama merupakan peneliti utama yang memberikan sumbangsih data penelitian dan penulisan naskah dengan prosentase terbanyak, untuk penulis pendamping selanjutnya bisa disesuaikan tergantung dari seberapa besar sumbangsih terhadap kelengkapan naskah tersebut. Penulis korespondensi merupakan penanggung jawab naskah yang dibuktikan dengan mengisi surat pernyataan penulis tentang plagiarisme yang terdapat di laman web jurnal IONTECH.


COPYRIGHT

Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola akan menjunjung tinggi hak moral penulis. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel jurnal yang diterbitkan di IONTECH dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial. Setiap terbitan bersifat open access system untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.


ONLINE SUBMISSION PAPER

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui Online Submission System di web jurnal IONTECH http://iontech.ista.ac.id Langkah-langkah pengiriman manuskrip :