KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT KEPADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SETIA MITRA JAKARTA SELATAN

Authors

  • Febri Hidayat Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Ekadipta Ekadipta Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal https://orcid.org/0000-0001-8894-7458
  • Dede Komarudin Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal
  • Siti Anni Mahmudah Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal

Keywords:

Kualitas, Mutu Pelayanan, PIO

Abstract

Perkembangan di bidang kefarmasian telah terjadi pergeseran orientasi pelayanan kefarmasian tidak saja sebagai pengelola obat, namun lebih luasnya mencakup pelaksanaan pemberian informasi untuk mendukung penggunaan obat. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas pemberian informasi obat pada pelayanan resep terhadap pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Non-Probability Sampling, dengan cara kuota sampling yaitu mencari sampel yang memenuhi kriteria inklusi sampai dipenuhi jumlah sampel yang diperlukan adalah sebanyak 157 respoden. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik setiap variable penelitian dengan menghitung distribusi frekuensi dan proporsinya. Sedangkan kualitas pemberian informasi obat dihitung menggunakan metode berdasarkan Permenpan nomor 14 tahun 2017. Berdasarkan karakteristik responden jenis kelamin terbanyak adalah wanita 61%, dengan usia terbanyak pada rentang usia 20-49 tahun (53%), dengan pendidikan responden terbanyak berasal dari perguruan tinggi (51%). Kualitas pelayanan informasi obat petugas instalasi farmasi rumah sakit setia mitra Jakarta Selatan adalah baik. Dimana kualitas pemberian informasi yang paling baik adalah konfirmasi identitas pasien dengan nilai sangat baik. Sedangkan kurang baik terjadi pada penyampaian nama obat kepada pasien.

Published

2021-08-25